Sunday, 18 November 2012

cara atasi Desktop computer layar kosong

Desktop computer hanya menampilkan layar kosong. Semua icon tidak muncul, tombol Start Menu lenyap, dan Taskbar hilang. Hebatnya lagi, klik-kanan desktop pun tidak berfungsi.
Mengapa bisa demikian ? apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

Problem diatas lebih banyak disebabkan oleh infeksi suatu virus, dari beberapa kasus yang saya temui kebanyakan disebabkan oleh virus/Trojan yang bernama Virut dengan berbagai variant-nya.
Meski demikian, problem ini juga bisa timbul karena kerusakan sistem operasi (Windows) meski jarang sekali.

Mengatasi problem ini sebenanrnya tidaklah terlalu sulit. Dengan urutan langkah yang benar, masalah akan dapat diatasi dengan cepat dan tidak terlalu membuat kepala pusing.
Dengan System Restore, akan bisa diatasi dengan mudah dan ... aman.   Berikut ini yang mesti dilakukan.

Jalankan System Restore dari keyboard

1. Berusaha masuk ke Task Manager, dalam kondisi normal hal ini gampang dilakukan dengan klik-kanan taskbar, tetapi klik-kanan sedang tidak berfungsi. Jadi gunakan keyboard dengan menekan bersamaan tiga tombol : Ctrl + Alt + Del , muncul jendela Windows Task Manager (gambar-1).

2. Pada tab Application, klik tombol [ New Task... ], muncul jendela Create New Task (gambar-2)

3. Isi atau ketik-kan kata [ restore ] tanpa tanda kurung, dan klik OK. Muncul jendela eksplorer Restore (gambar-3)

4. Pada kolom Name pilih file [ rstrui.exe ], jalankan file ini dengan klik-ganda.

Atau bisa dicoba dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan. Windows Explorer akan terbuka (gambar-3). Temukan path ini :
C:\WINDOWS\System32\Restore 
Lihat pada kolom [Name], klik-ganda file [ rstrui.exe ].

Nah, sekarang jendela Welcome System Restore sudah terbuka bagi anda, tinggal memanfaatkannya untuk mengembalikan desktop menjadi normal kembali.
Pilih tanggal tercetak tebal, sebelum tanggal saat problem muncul. Agar lebih jelas, silahkan membaca halaman tentang System Restore ini, yang berisi tentang apa & bagaimana menggunakan System Restore secara benar.

Diatas saya sebutkan bahwa penyebabnya adalah virus, maka setelah desktop kembali normal, secepatnya lakukan scan menggunakan antivirus yang anda sukai yang penting data-base nya update (saya biasa menggunakan AVG_Free).

Setelah semua "selesai", saya menyarankan untuk melakukan Reset System Restore, ini untuk menghapus Restore Point (RP) lama (yang biasanya banyak mengandung virus) dan menggantinya dengan RP yang baru, yang sudah bersih.
 

No comments: