IKM Post Test Topik 1 Modul 4 (M14): Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti.
Budi Pekerti
Kecerdasan berpikir murid harus dapat mengembangkan budi pekerti atau watak murid yang tidak hanya diberntuk di sekolah, tetapi dalam keluarga dan lingkungannya. VIdeo ini mengajak kita memahami bagaimana watak atau budi pekerti diasah dan dilatihkan ke murid.
Teori Konvergensi dan Pengaruh Pendidikan
KHD tidak serta merta menggunakan teori-teori barat dalam pendidikan nasional. Beliau dengan cermat mengiidentifikasi teori-teori yang sesuai dengan kepribadian bangsa.
Video ini mengajak kita belajar bersama bagaimana Ki Hadjar Dewantara menggunakan teori konvergensi dan pengaruhnya terhadap sistem pendidikan nasional.
Referensi:
Ki Hadjar Dewantara – Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.
Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013.
Latihan Pemahaman
1. Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah…
a. Budi pekerti merupakan kodrat manusia
b. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan, dan kehendak.
c. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa, dan menghasilkan karya
d. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah
2. Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori
pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga ia mengintegrasikan
dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut
adalah…
a. Teori positif dan teori negatif
b. Teori tabula rasa dan teori negatif
c. Teori medan dan teori tabula rasa
d. Teori gestalt dan teori tabula rasa
REFLEKSI
Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini?
Sebagai Guru, saya berusaha menjadi contoh bagi siswa, menjadi apresiator yang mengapresiasi positif karyas siswa. Mengajarkan nilai moral pada setiap pelajaran. Juga bersikap jujur dan terbuka pada kesalahan. Selain itu, saya mengajarkan sopan santun, memberi kesempatan siswa belajar menjadi pemimpin serta berbagi pengalaman inspiratif.
POST TEST
1. Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah
kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian
biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah
bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
a. Rasa takut
b. Cemas
c. Percaya Diri
d. Pengetahuan
2. Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
a. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari
bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga
menimbulkan suatu tenaga
b. Nilai-nilai karakter yang didalamnya terdapat komponen pengetahuan,
kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai
tersebut
c. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan kelompok manusia di
dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari
masyarakat tersebut.
d. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber
timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa
perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya.
3. Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali…
a. jiwa
b. cipta
c. karsa
d. rasa
4. Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya
diri, dan perasaan lainnya merupakan……..yang berperan menentukan
karakter seseorang.
a. bagian jasmani
b. bagian biologis
c. bagian intelligible
d. bagian keterampilan
5. Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika…
a. dibiarkan tanpa intervensi
b. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
c. memiliki bakat tertentu
d. ada kemauan
6. Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah …
a. Sekolah
b. Keluarga
c. Sahabat
d. Taman Kanak-kanak
7. Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan …
a. Kognitif
b. Afektif
c. Psikomotorik
d. Budi Pekerti
8. Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
a. Membantu murid menemukan budi pekertinya
b. Mengendalikan budi pekerti murid
c. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
d. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri
9. Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu:
a. Teori negatif dan teori positif
b. Teori afektif dan teori tabularasa
c. Teori tabularasa dan teori negatif
d. Teori hereditas dan teori behaviorisme
10. Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu…
a. menebalkan tabiat asli dan watak biologis
b. menyamarkan watak-watak baik murid
c. menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
d. menebalkan watak-watak tidak baik murid.
11. Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong
yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan
wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori …
a. Hereditas
b. Negatif
c. Komplementer
d. Tabularasa
12. Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
a. Biologis dan intelligible
b. Biologis dan fisiologis
c. Intelligible dan fisiologis
d. Tabularasa dan biologis
Luar biasa! Pemahaman Anda sangat baik
Modul ini telah berhasil Anda selesaikan dengan baik dalam waktu singkat!
Selanjutnya, mari pelajari modul pelatihan 1 bagian 5: Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan; untuk terus meningkatkan kompetensi Anda.
0 komentar:
Post a Comment